Interview: Andi Rharharha

Image: super-rharharha


Who is your real name? please tell to us about ANDI RHARHARHA
Andi andalah nama dari orang tua , RHARHARHA Identitas baru yang memberi kekuatan untuk mendukung karakter dalam interaksi aktifitas sehari-hari .

When you decide to start ISAD and RESPECTA?
RESPECTA Street Art Gallery didirikan tahun 2010, dari RESPECTA kemudian kita bersama teman-teman di akhir tahun 2011 menggagas sebuah platform bernama ISAD ( Indonesian Street Art Database ) Inisiatif pendokumentasian dan pengarsipan street art di Indonesia.

What do you think of street art nowadays?
Street Art adalah salah satu bentuk kreatifitas sosial di ruang kota yang berangkat dari semangat jalanan . Street art telah menjadi popular culture , street art menjadi bagian kebudaayan perkotaan kekinian yang pelakunya sebagian besar adalah generasi muda dan juga generasi remaja yang sedang tumbuh dalam proses pencarian jati diri . Street art di Asia dan Dunia telah berkembang pesat dengan eksplorasi gagasan artistik juga pengembangan teknologi di peralatan pendukungnya. Dari eksplorasi medianya sangat beragam dari mulai graffiti, mural , stencil art, sticker, poster, wheatpaste, yarn bombing, tape art, street installation, dan juga laser tagging. Street Art is Networking , Street art juga menjadi sebuah gagasan masa depan tentang berjejaring atau bahasa pemerintahnya street art menjadi duta diplomasi kebudayaan antar negara yang dilakukan oleh warganya untuk saling terhubung dengan bangsa.

What do you think of street art in Indonesia? You know.. It's pretty popular
Street Art di Indonesia berkembang seiring dengan sejarah perjalanan bangsa ini juga dipengaruhi berbagai faktor ekonomi, sosial, dan juga teknologi . Salah satu pengaruh teknologi itu yaitu Internet . Perkembangan sosial media di Indonesia pasca 98 yang menandai kebebasan berpendapat, berserikat dan berkumpul. Pengaruhnya sangat kuat kita bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi terkini dari berbagai belahan dunia dengan mengunakan akses internet. Akses internet ini dimanfaatkan dengan berbeda oleh anak muda untuk mencari hal-hal baru yang dianggap bisa menjadi inspirasi. Salah satunya yaitu mudahnya kita mengakses dan menelusuri kata kunci street art di mesin pencari . 

How would you describe the status of Indonesian street art?
Street Art di Indonesia telah menjadi kebudayaan popular dan menjadi salah satu bentuk kreatifitas sosial yang bisa menjadi senjata kuat untuk propaganda perubahan sosial di ruang-ruang kota.

What do you about street art and art galleries?
Street Art dan Galeri Seni adalah dua hal yang berbeda .
1. Street art sebagai sebuah produk kebudayaan.
2. Galeri Seni sebagai sebuah tempat private yang memamerkan hasil karya seni . Dan keduanya memiliki semangat yang berbeda Street Art dengan semangat jalanan dan ekspresi kebebasan di ruang kota yang menjadikan tembok kota sebagai kanvas dan galeri . dan Galeri Seni lebih kepada memamerkan karya seni untuk tujuan memberi nilai lebih kepada karya seni baik berupa muatan wacana dan juga nilai jual sebagai sebuah karya yang bisa dibeli dan dikoleksi .

Do u think street art can tell about the history of our country?
Street Art Indonesia menjadi bagian sejarah perjalanan bangsa ini, itu terekam dalam arsip perjuangan kemerdekaan yang waktu itu para seniman dan warga membuat propaganda di ruang kota dengan satu tujuan yang sama agar bangsa Indonesia terbebas dari penjajah . Salah satu contoh graffiti MERDEKA ATOE MATI tahun 1945 yang dicoretkan secara vandal di kereta api dalam perjalanan dari Surabaya ke Jakarta. Dan juga Poster Propaganda BOENG AJO BUNG ! yang dibuat atas permintaan Soekarno dan dikerjakan oleh Affandi, Chairil Anwar, Soedjojono, dan Pelukis Dullah sebagai modelnya. Poster ini ditempelkan diberbagai tembok bangunan pada masa itu .

Last night, I watched the tv show "The Simpsons". Bart became street artist and he became popular for his poster "DOPE". it looks like OBEY. After he became popular so he is carrying out street art exhibition for his poster and all his works in his hometown, then people who support Bart actually. They were cops and as long as you know.. Shepard Fairey turned out to be undercover police!
Beberapa street artist memilih menjadi dikenal terkenal dan begitu popular dan diketahui identitas seperti Shepard Fairey , dan ada yang memilih tetap anonimus atau gerilya dengan menggunakan identitas jalanannya seperty BANKSY, BNE, dll

What is your dream as a child?
Ingin menjadi Pilot.

What is your daily routine?
Makan, Minum, Tidur, Melakban, Street Art , Organize Chaos, Sluyutan, RELAX MAN, Crot & TOT .

Andi RHARHARHA
Twitte : @rharharha
Instagram: @rharharha


Thankyou, Rharharha!

No comments:

Post a Comment

आप कुछ बाहर थूक चाहिए कृपया.

Followers

© anzimatta. Powered by Blogger.