Bincang-bicang dengan Agan Harahap



Baiklah, nama Agan Harahap ini tentunya sudah tidak asing di Indonesia, bahkan internasional. Karya-karyanya sendiri yang bertemakan Superhero dan Safari sudah sangat populer, tetapi tidak hanya itu saja. Dan apa pendapatnya tentang konser Lady Gaga di Indonesia dan bakso. 




Lagi sibuk apa sekarang ini?
Sibuk apa ? saya lg sibuk urusin persiapan pameran tunggal yg sedianya akan dilangsungkan bulan Juli dan Agustus 

Memulai karir sebagai fotografer sejak kapan?
Saya memulai karir sebagai fotografer thn 2004 ketika saya mulai 'jatuh cinta dan bersentuhan scr intens' dgn fotografi. (  Tahun 2004 adalah tahun ke2 saya mengulang materi kuliah fotografi di kampus dan akhirnya "terpaksa" lulus dengan nilai c+). 

Hobinya apa aja selain fotografi dan gambar?
saya masih hobi gambar dan fotografi dan  selain itu, saya hobi membaca dan memancing.






Bagaimana perasaannya tentang karya-karya agan yang sudah diketahui oleh masyarakat luas ini?

Pada awalnya saya membuat karya hanya berdasarkan kepuasan pribadi semata. Tapi, ketika kepuasan saya, mulai di'amini' oleh orang banyak, terus terang aku ge-er mbak..

Kenapa memilih manipulasi photoshop?
Manipulasi itu apa sih? Segala hal yang terjadi di dunia ini menurut saya adalah 'tindakan manipulasi/ apropriasi' dari bentuk-bentuk sayang sudah ada selama ini. 




Gimana tentang project "Petualangan", apakah ada arti tersendiri dari project tersebut?

Disini saya mencoba untuk mencapai cita-cita saya, cita-cita yang hampir tidak mungkin saya realisasikan. Tapi, dengan fotografi, semua realitas menjadi sah dan benar adanya. Dengan projek "petualangan" tiba2 saja, besok dini hari, saya dipercaya dan di ajak untuk ikut turut memancing beserta geng2 kampiun mancing Indonesia. Ekspektasi saya adalah 0! Dan ketika orang mulai merespon karya2 saya,.. toh setidaknya saya bisa meraih cita2 saya yang selama ini tertunda..






Agan lucu abis! haha pengen Stand Up Comedy?
Serahkan saya pada Ramon Papana atau Soleh Solihun

Lagi ada project apa saat ini?
Project yang lagi saya garap adalah : RID (Rotated, Inverted and Deflected)

Lima hal apa yang mempengaruhi proses penciptaan karya2 agan?
Yakin, percaya dan tawakal.. (cuma tiga kali yaa) 







Apa pendapat tentang kasus antara FPI dan konser Lady Gaga di indonesia nanti?
Antara FPI dan Lady gaga : Ibarat ada anak bungsu yang tidak bisa menerima dengan baik, ketika ada tamu dari luar negeri yang hendak berkunjung ke rumahnya. 





Adakah tips untuk menjadi artis kekinian seperti agan saat ini?
Kekinian ? Saya tidak pernah meng-klaim diri sebagai seniman kekinian. Tapi apapun yang kamu suka dan kamu percaya bisa membahagiakan hatimu: LAKUKANLAH! 

Pilih syahrini apa ubi?
Apa itu ubi? Semacam singkong racun kah? > sorry gua ga ngerti

Pilih bakso tusuk apa bakso kuah?
Bakso kuah, karena saya tidak suka yang terlalu 'seret'

Thanks, Agan!



No comments:

Post a Comment

आप कुछ बाहर थूक चाहिए कृपया.

Followers

© anzimatta. Powered by Blogger.